Ada Apa Sihh Dengan Kemasan AQUA ???
Siapa sih yang gak kenal sama produk yang satu ini.. wkwkwk
Dari muda sampe tua.....
Dari janda hingga ke duda.....
Dari Sabang sampe Meraukeee....
Semua pasti tau dengan AQUA... AQUA merupakan salah satu brand image AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) yang nomor satu di Indonesia tercinta... hehehe
Siapa saja yang ditanya air mineral, pasti akan mengatakan "AQUA".
Merk AQUA sendiri seperti sudah mendarah daging di jiwa dan raga manusia khususnya di Indonesia.
Merk AQUA sudah tertanam di benak-benak pikiran konsumen.
Mengapa Ini bisa terjadi demikian ???
AQUA memiliki segmentasi pasar yang jelas, Targetting yang tepat, dan Positioning yang tepat pula. Dalam hal ini, AQUA berhasil mengimplementasikan STP secara tepat dan efektif...
AQUA yang awalnya menjadi bahan olok-olokan sebagian kalangan, sekarang dapat bertumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang besar dan sukses di bidang AMDK.
Nahh, yang akan kita bahas bukalah kisah sukses perusahaan AQUA melainkan kita akan membahas tentang desain kemasan aqua.. heheh
Kita akan mengupas lebih dalam tentang kemasan dari AQUA.. wkwkwk
Yang pertama, gw akan membahas tentang desain kemasan produk AQUA terlebih dahulu....
Desain AQUA memang tergolong simple dan memiliki gaya yang cukup elegan. Aqua memiliki banyak kemasan baik botol, gelas hingga ke kemasan galon.. heheh
Yang akan gw bahas kali ini yaitu kemasan botol.
Desain kemasan AQUA sangat menarik perhatian konsumennya untuk membeli produk AQUA. Warna biru yang menjadi warna kekhasan AQUA membuat AQUA identik dengan air minum kemasan yang bersih, jernih dan segar yang diambil dari air mata gunung yang bersih.. Disinilah yang membuat nilai tambah dari AQUA yang membedakannya dengan produk pesaing.
Desain kemasan menjadi salah satu faktor kunci dari besaran tingkat penjualan suatu produk. Kemasan yang bisa menarik mata (eye catching) akan membuat produk tersebut laku dalam pasaran. Mungkin desain kemasan sering kali diabaikan dalam produksi suatu produk, tetapi percayalah kemasan akan memiliki nilainya tersendiri di dalam benak konsumen.
Kemasan yang banyak disukai dan mudah diingat konsumen akan memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian ulang (rebuy)
Okay, itu sekilas tentang desain kemasan. Yang kedua, gw akan membahas tentang Labelling Produk AQUA dan juga informasi yang terdapat di dalam produk AQUA.
Labelling AQUA sangatlah menarik dan lengkap. Informasi yang ada di produk AQUA pun sudah tergolong sangat lengkap.
Informasi yang ada di produk AQUA adalah yaitu sebagai berikut :
1. Brand Name
Di dalam kemasan AQUA terdapat logo / merk dagang dari AQUA itu sendiri yaitu Danone.
2. Nama Produk
Nama produk AQUA tercantum didalam kemasan AQUA sendiri
3. Jenis Produk
Di dalam labeling tercantum jenis produk dari AQUA, yang tidak lai yaitu AMDK (Air Minum Dalam Kemasan )
4. Logo Halal
5. Berat Netto Produk
Berat produk AQUA pun beraneka macam, ada yang berukuran kecil hingga besar.
Ada yang berukuran 330 ml , 600 ml, hingga 1,5 Liter.
6. Perizinan
Perusahaan sebesar AQUA pasti telah memiliki perizinan yang lengkap.
Perizinan yang diterima AQUA berupa pengakuan logo halal, BPOM RI dan juga label SNI.
7. Expire Date
Di dalam botol kemasan terdapat tanggal kadaluarsa produk. Dalam hal ini bisa membantu konsumen dalam mengkonsumsi minuman tersebut sebelum batas expired date.
8. Barcode
9. Alamat Produsen
Di dalam kemasan AQUA tercantum alamat produsen AQUA
PT. Tirta Investama
Klaten 57474- Indonesia
Yang terakhir, gw akan menganalisis apakah Produkdan atribut AQUA ini sudah terintegrasi ataukah belum... hehhe
Menurut gw sih, produk dankemasan AQUA ini sudah OKEE!!! wkwkwk
AQUA memiliki labeling yang baik, hanya memiliki sedikit komponen yang hilang seperti penjelasan produk dan komposisi produk. Meskipun demikian produk AQUA tidak perlu dijelaskan lebih mendalam karena semua orang tentu tau apa itu AQUA, dan siapapun juga tau apa kelebihan produk AQUA dari produk AMDK pesaing... Selain itu komposisi produk AQUA sudah jelas yaitu dari sumber mata air gunung pilihan, Jadi menurut gw sihh komposisi merupakan suatu formalitas semata.
Menurut gw produk AQUA ini akan bertahan lama , dan akan memiliki kesuksesan yang berkelanjutan...
Yang hanya perlu ditingkatkan AQUA yaitu tetap menjaga loyalitas konsumen yang selama ini sudah dibangun dan juga tetap menjaga kualitas produk serta terus melakukan berbagai kreativitas dan inovasi produk dan juga kemasan agar konsumen merasa nyaman dan tidak bosan dengan produk yang telah ada.
Maju terus AQUA, Kemurnian untuk Masa Depan !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar