Mengenal Lebih Dekat Model Bisnis AQUA
Suatu model bisnis menggambarkan suatu pemikiran tentang bagaimana sebuah perusahaan dapat menciptakan, memberikan dan juga menangkap nilai-nilai baik itu nilai ekonomi bisnis, nilai sosial ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya.
Disini gw akan membahas apa-apa saja sih model-model bisnis yang dijalankan oleh PT.Aqua Golden Missisipi ini khususnya dalam hal 9 blok bangunan dasar yang digunakan Aqua dalam menjalankan bisnisnya....
1.
Channel
Channel merupakan suatu saluran yagn
mempermudah bagi setiap konsumen untuk mengenal produk AQUA.
-Perusahaan AQUA akan membangun suatu
channel yagn luas. Seperti yang kita tahu Distribusi AQUA di Indonesia sangat
baik dimana setiap minimarket seperti Alfamart maupun Indomaret menjual AQUA.
Bahkan hingga pengecer AQUA seperti Depot Air Minum AQUA pesan antar hingga ke
Supermarket sekalipun.
Channel / Saluran Distribusi AQUA bisa
dikatakan sangat baik sehingga menjadikan AQUA sebagai perusahaan air minum
terbesar di Indonesia. Dengan channel yang luas maka akan meningkatkan Brand
Image AQUA.
2.
Customer Segmentation
Sekelompok orang / organisasi berbeda yang
ingin dilayani oleh perusahaan. AQUA tidak membedakan setiap konsumennya dimana
AQUA tidak memproduksi AQUA berbeda-beda.
Seperti yang kita tahu segmen konsumen ada
yang kelas bawah, menengah ,ataupun atas.
Setiap kelas dapat mengkonsumsi AQUA tanpa
adanya batasan segmen.
3.
Value Proportion
Menggabungkan antara produk dan layanan
yang menciptakan nilai untuk setiap pelanggan dimana perusahaan Air Minum AQUA
memberikan nilai kegunaan (manfaat atau utility ) dimana AQUA menawarkan produk
air minum yang dapat menghilangkan rasa haus/dehidrasi
Selain itu, AQUA juga memberikan suatu
nilai yaitu harga yang dipatok juga standar dan juga AQUA juga memberikan
manfaat / nilai dari segi waktu di zaman yang semakin padat khususnya di
ibukota yang mayoritas konsumen adalah pekerja.
4.
Customer Relationship
AQUA bergabung / melakukan aliansi dengan
Group Danone yang merupakan kelompok perusahaan air minum kemasan terbesar di
dunia yang berdampak pola peningkatan kualitas produk, market share &
penerapan teknologi pengemasan air terkini yang meningkatkan permintaan
konsumen terhadap AQUA.
5.
Revenue Stream / arus pendapatan
Revenue Stream
merupakan urat nadi AQUA yaitu menggambarkan uang tunai yang dihasilkan AQUA
dari Customer Segmentation. AQUA membangun Revenue Stream dengan cara menjual
saham mereka (asset) secara terbuka ke public atau mengurangi biaya dalam
pembuatan kemasan, dan lain-lain.
Arus
pendapatan AQUA juga berasal dari pembelian pelanggan yang berulang maupun
berkelanjutan untuk memberi proporsi nilai kepada pelanggan dan menyediakan
dukungan pelanggan pasca pembelian.
Contohnya : pembelian air gallon cukup
sekali dan dapat diisi ulang dengan lebih murah.
6.
Key Resources
Key Resources merupakan asset-aset
terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi.
Fungsi Key Resource sendiri yaitu
menciptakan dan menawarkan proporsi nilai , menjangkau pasar, memperhatikan
hubungan dengan pelanggan , dan finalnya adalah untuk memperoleh pendapatan.
Bentuk KR sendiri yaitu bisa berbentuk
Fisik, Finansial, Intelektual, ataupun manusia.
PT.Aqua Golden Missisipi ini sudah memiliki
Sumber-sumber daya yang berkualitas baik itu dari Sumber daya alamnya yang
berupa bahan-bahan baku hingga ke Sumber daya manusianya.
Aqua sendiri sudah memiliki 17 pabrik yang
sudah memiliki 12 ribu tenaga kerja. Ini merupakan salah satu bukti bahwa Aqua
memiliki asset-aset penting dan terus dikembangkan sampai sekarang.
7.
Key Activities
Key Activities seperti melakukan kegiatan
pengasawan terhadap bidang produksi AQUA. Dalam hal ini pabrik AQUA selalu
identic dengan air mineral yang steril dan bersih. AQUA selalu memprioritaskan
kualitas hingga sampai ke tangan konsumen sekalipun.
Pihak AQUA juga harus cermat dalam melihat
setiap permasalahan yang ada dengan menciptakan berbagai inovasi seperti dengan
kemasan baru.
8.
Key Partnership
Key Partnership merupakan jaringan pemasok
dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja.
Dalam hal ini, Aqua menjaga hubungan dengan
pembeli dan pemasok dan juga menjamin pasokan yang dapat diandalkan. Contohnya
Aqua bekerja sama dengan berbagai retailer seperti depot air minum, Minimarket ,
maupun hingga hypermarket seperti Carefour,dll.
Ini merupakan suatu dasar dalam model
bisnis yang bertujuan untuk mengoptimalisasi dalam tujuannya mencapai skala
ekonomi serta mengurangi resiko dan ketidakpastian.
9.
Cost Structure
Cost Structure merupakan semua biaya yang
dikeluarkan untuk mengoperasikan suatu model bisnis. Customer Structure dibedakan
menjadi 2 yaitu cost driven dan value driven.
Struktur biaya Perusahaan Aqua sendiri bisa
tergolong dari biaya tetap maupun biaya variable.
Mungkin kalian sudah bisa mengelompokkan apa
apa saja yang masuk menjadi biaya tetap maupun variable. Sekilas penjelasan, Biaya
Listrik, Telepon dan Air dan juga biaya gaji merupakan salah satu contoh biaya
tetap, sedangkan biaya tenaga kerja dan bahan baku merupakan beberapa contoh
biaya variable.
Mungkin itu merupakan sebagian blok bangunan dasar yang bisa dijadikan sebagai pedoman anda ketika ingin menjadi seorang pengusaha yang handal dan dapat bersaing dengan persaingan bisnis yang semakin ketat dan juga dalam menghadapi dinamika ekonomi yang semakin tak menentu.
Eitss, sebelum gw selesain blog ini, gw akan memutarkan sedikit video jigle singkat perusahaan Aqua
Thank You
Improve Your Imagination, Creativity and Innovation
Tidak ada komentar:
Posting Komentar